Magister Pendidikan Agama Islam

VISI

Menjadi Program Magister Pendidikan Agama Islam yang Unggul dan Kompetitif  pada tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara profesional dan komprehensif
  2. Melakukan penelitian dalam rangka pengembangan model-model pembelajaran pendidikan agama islam yang inovatif dan transformatif.
  3. Melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam
  4. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri penyelenggara program magister pendidikan agama Islam.

Berdasarkan misi tersebut maka pada setiap programnya memiliki misi sebagai berikut:

  1. Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam:
  2. Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki pemahaman Pendidikan Agama Islam yang komprehensif dan integratif serta berkepribadian mulia.
  3. Mengembangkan ilmu Pendidikan Agama Islam yang selaras dengan perkembangan zaman melalui pembelajaran, pendidikan dan riset yang berkualitas.
  4. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan dan pengajaran Agama Islam untuk mewujudkan masyarakat yang berkarakter dan sejahtera.
  5. Mewujudkan kerjasama antar perguruan tinggi tingkat nasional, regional, dan internasional dalam mewujudkan visi perguruan tinggi.

Tujuan dan Sasaran Magister Pendidikan Agama Islam

Tujuan Program Magister Pendidikan Agama Islam IAI Sunan Giri Bojonegoro adalah:

  1. Menghasilkan lulusan magister yang professional dan unggul dalam bidang pendidikan dan pembelajaran PAI
  2. Menghasilkan temuan-temuan hasil penelitian yang inovatif dan transformatif dalam bidang PAI.
  3. Mampu menjadi sarana edukasif dan pendampingan terhadap lembaga-lembaga pendidikan keagamaan dalam rangka mengembangkan PAI
  4. Menghasilkan jaringan kerjasama tingkat nasional, regional dan internasional.

Untuk mencapai terwujudnya visi, misi dan tujuan di atas, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam IAI Sunan Giri Bojonegoro menetapkan sasaran dan strategi secara garis besar dapat digambarkan sampai pada tahun 2025 sebagai berikut:

  1. Tahap I (2019-2021), pemantapan kelembagaan dan academic reinforcement
  2. Tahap II (2021-2013), pengembangan sumber daya dan pengembangan jaringan
  3. Tahap        III (2023-2025),   pemantapan         kredibilitas            menuju keunggulan dan keterpercayaan

Sedangkan sasaran strategis dalam  bidang pencapaian  adalah  sebagai berikut:

TahapSasaranStrategi
IKelembagaanMembentuk struktur organisasi Program Studi Magister PAI dengan menyesuaikan struktur yang ada di tingkat IAI Sunan Giri Bojonegoro.Menyusun struktur yang ramping dan tegas dalam hubungan struktural-instruksional, koordinatif dan fungsional dan menempatkan pada setiap strukturnya personalia yang memiliki kompetensi yang tepat.
IManajemen LembagaMenyiapkan sumber daya manusia yang profesional untuk mendukung terciptanya sistem manajerial yang efektif, efesien, transparan, dan akuntabel.Menyelenggarakan sistem kepemimpi-nan yang visioner, inovatif dan responsif.Menyelenggarakan tata kelola keorga-nisasiaan yang berorientasi pada peningkatan mutu akademik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel melalui Standard Operating Procedure (SOP).
IBudaya Akademik.Pemantapan dasar-dasar keislaman dengan pendekatan yang multidispliner dan paradigm berpikir yang integratif- interkonektif. Walaupun tetap melaku-kan pendalaman pada aspek normative keislaman yang bertumpu kepada al- Qur’an dan al-Sunnah, namun pendekatan subtansial- kontekstual yang bertum-pu pada kerangka berpikir yang integratif baik aspek ontologis, epistemologis mapun aksiologis selalu ditekankan sebagai modal bagi para mahasiswa menghadapi tantangan perkembangan jaman.Pengembangan wawasan berpikir yang Islami, terbuka, progresif dan inklusif, dan mengembangkan kesadaran tentang pendidikan Islam yang kritis progresif-konstruktif, namun tetap setia pada teks suci (Al-Quran dan Sunnah), sehingga dapat menyumbangkan gagasan dalam cita-cita besar bangsa di bidang pendidikan serta demi mewujudkan perdamaian masyarakat dunia yang berperadaban dan berkeadaban mulia.Menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang memiliki ketajaman nalar dan kemampuan analisa kritis, dalam bidang pengembangan pendidikan,, terutama pada aspek pengembangan ilmu keislaman yang konstruktif-transformatif dan memiliki kepakaran dalam mengembangkan karakter masyarakat sesuai dengan nalar sosio-antropologis kebangsaan dengan tidak meninggalkan nalar teologis untuk mencapai perikehidupan masyarakat yang berakhlak mulia, dan memiliki kepekaan nurani, komitmen moral dan sikap spiritual dalam menghadapi segala kepentingan kemanusiaan.
  Mengundang para ahli baik sebagai praktisi maupun sebagai ilmuan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang sesuai dengan Program Studi, maupun disiplin ilmu lainnya dan sangat berkaitan dengan program studi, seperti kegiatan seminar, kuliah umum, workshop dan lokakarya.
IPerpustakaan.Menyediakan referensi (buku, jurnal, majalah, dan surat kabar) di perpustakaan yang seimbang dengan rasio jumlah mahasiswa 1:25.Meningkatkan referensi induk berbahasa Indonesia dan asing.Menyediakan layanan referensi digital berbasis IT (e- jurnal dan e-book).Membangun jaringan kerja sama antar perguruan tinggi dalam dan luar negeriMeningkatkan jumlah koleksi buku perpustakaan, menyusun perpustakaan online dan e-book library, dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan.
IIKetenagaanMerekrut tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan doktor (S3) dan Guru Besar.Meningkatkan kualifikasi jabatan akademik dosen minimal 20% atau  minimal 2 orang guru besar pada tahun 2021.Meningkatkan kemampuan bahasa asing dosen minimal memiliki skor TOEFL/TOAFL 515 pada tahun 2021.Membudayakan reading and writing habit, minimal 50% dosen menulis pada jurnal terakreditasi nasional/ internasional.Merekrut dosen dan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan secara profesional dan transparan.Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan sesuai dengan SOP dengan tingkat capaian 95%.
IIKurikulumMenerapkan dan mengembangkan kurikulum yang menitikberatkan pada kompetensi Ilmu Pendidikan Agama Islam, yang menjadikan aspek pengembangan karakter sebagai frame of work yang terintegrasi dengan pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan yang integratif- interkonektif, baik aspek ontologi, epistemologi maupun aksiologinya, sehingga mahasiswa mampu mengembangkan keahlian yang bersifat solutif, aplikatif, transformatif dan Ahli Sunnah Wal Jama’ah.Menyelenggarakan evaluasi dan pengembangan kurikulum setiap 5 (lima) tahun sekali.Mengembangkan kurikulum yang lebih berorientasi pengembangan ilmu sekaligus memenuhi kebutuhan stakeholders dan learners.Menyusun silabus mata kuliah pembelajaran yang berorientasi pada learners.
IIPenerbitanMemfasilitasi penerbitan karya ilmiah dalam bentuk buku daras, buku referensi, monograf, artikel jurnal, dan hasil penelitian.Memfasilitasi penerbitan karya ilmiah yang dipresentasikan pada forum-forum ilmiahMempromosikan karya-karya keilmuan dosen program studi pada tingkat nasional maupun internasional.Memfasilitasi kegiatan bedah buku, lomba resensi buku, dan lomba penulisan karya ilmiah.Mewujudkan jurnal prodi yang terakreditasi A pada tahun 2022.
IIPenelitian.Memfasilitasi penelitian yang berorientasi pada penyelesaian problem pendidikan, sosial, kebijakan, dan keilmuan.Meningkatkan mutu penelitian melalui pelatihan metodologi penelitian dan pelatihan penulisan hasil penelitian pada jurnal terakreditasi nasional atau internasional.Mengupayakan lima hasil penelitian di tingkat program studi yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi, dirujuk kalangan akademisi, diterbitkan untuk kalangan umum dan menjadikan rujukan bagi problem pendidikan, sosial kemasyarakatan.
IIPengabdian MasyarakatPemberdayaan masyarakat melalui pendampingan lembaga pendidikan Islam se-eks Karesidenan Bojonegoro.Melakukan lokakarya pemberdayaan kapasitas kelembagaan pendidikan Islam.
IIKemahasiswaanPenjaringan calon mahasiswa melalui seleksi yang akuntabel.Mengupayakan adanya pengakuan keilmuan mahasiswa pada tingkat regional, nasional dan internasional melalui penguatan program intrakuri-kuler, ekstrakurikuler, dan forum ilmiah.Memfasilitasi para mahasiswa untuk dapat mengikuti berbagai event ilmiah dan penelitian dalam bidang pen- didikan Islam, khususnya aspek pengembangan karakter.Melibatkan peran aktif kepada mahasiswa dalam berbagai kegiatan pendidikan dan pengajaran melalui kegiatan-kegiatan seminar, workshop, pelatihan, penelitian dosen secara ber-sama, dan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut dila-kukan oleh dosen dan atau bersama-sama dengan mahasiswa yang dilaksanakan oleh Program Studi, maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi lain dan atau kegiatan yang dilaksanakan secara bersama- sama baik dengan program studi maupun dengan Program.  Kegiatan-kegiatan  dilaku  kan  dengan  tujuan disamping meningkatkan pengetahuan, pengalaman, juga meningkatkan kepekaan sosial terhadap berbagai permasalahan yang timbul di masyarakat. Hal ini sebagai tanggung jawab kepada kita semua terhadap perkembangan lingkungan sosial masyarakat.
IIPembelajaranProses pembelajaran dilakukan oleh dosen-dosen yang memiliki kualifikasi akademik yang sangat baik di bidang-nya, dengan tingkat pendidikan dosen tetap minimal Doktor (S-3) dan Guru Besar yang sesuai dengan bidang keahlian Program Studi Program Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro. Hal ini dilakukan agar supaya proses pendidikan terlaksana dengan baik, dan apa yang diinginkan dalam visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi dapat tercapai sesuai dengan waktu yang diharapkan.Menyelenggaraan proses pembelajaran yang kontektual, inovatif dan akuntabelMelakukan proses pembelajaran yang berorientasi pada learners namun tetap mengacu pada KKNI.Melakukan proses belajar mengajar yang sesuai dengan muatan kurikulum yang ada secara teoritis maupun praktis dengan model pembelajaran problem solving dan contextual teaching learning (CTL).Menerapkan sistem pembelajaran active learning, sehingga mahasiswa dapat terlibat secara mandiri dalam mendapatkan dan meneliti bahan ajar atau materi perkuliahan, literatur-literatur serta berbagai informasi yang terkait dengan perkembangan Pendidikan Agama Islam, pada khususnya maupun ilmu agama Islam pada umumnya, disamping materi yang telah diberikan oleh masing-masing dosen.Melakukan proses pembelajaran berbasis riset (kritis, analitis, dan sintesis).Mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam penerapan metodologi pembelajaran.Memberlakukan sistem pengajaran tim (team teaching) dalam suatu mata kuliah agar mahasiswa mendapatkan 
  bahan pembelajaran yang lebih beragam, yang diharapkan wawasan lebih berkembang dalam membentuk kepakaran dalam pengajaran ilmu (transfer of knowledge) dan penana-man nilai (transfer of values) baik dalam konteks kebangsaan maupun Islam ahlus sunnah wal jamaah.
IIKerjasama/Jar inganMenjalin kerjasama multilateral di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan lembaga lain di dalam maupun luar negeri.Mengoptimalkan jaringan antar PTAI dan PTU di Indonesia, khususnya dalam pengembangan kelembagaan dan keilmuan, serta membangun kerjasama dengan stakeholders di bidang Pendidikan untuk mengkoneksikan ilmu teoritis dengan realitas yang dihadapi oleh dunia pendidikan kekinian.Membangun komunikasi dan jaringan dengan BUMN untuk melakukan pengembangan SDM di bidang pendidikan secara umum dan pemberdayaan masyarakat melalui skim CSR pada perusahaan tersebut.Membangun kerjasama jaringan tingkat regional di negera Malaysia, Thailand, Singapura, Australia dan Internasional Amerika dan Eropa.
IIIKeunggulan dalam ilmu dan keterpercayaa n pada pengembanga n karakterKelembagaan yang kredibel dengan kepemimpinan yang kuat baik ke dalam maupun ke luar.SDM pengajar dan tenaga kependidikan yang kompeten dengan penguasaan IT serta berparadigma integralistik- interkonektif. Pengakuan publik akan kepakaran para dosen dan pengakuan akan keahlian lulusan dalam proses transfer of knowledge dan transformasi nilai-nilai luhur dalam dinamika konteks sosial budaya.Pengakuan kepakaran alumni dalam ikut serta secara aktif dalam   menyelesaikan   persoalan-persoalan  pendidikan yang berkembang baik di lingkungan formal maupun informal.Pengakuan terhadap alumni akan keahliannya dalam menanamkan karakter dengan pendekatan yang multidimensional.Dibutuhkannya para alumni oleh stakeholder dalam memberikan pengarahan terhadap proses perubahan sosial masyarakat yang terus dinamis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *