Kuliah Umum Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian

Pada tanggal 15 Pebruari 2020 Pascasarjana Program Magister Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan kuliah umum dengan tema urgensi metodologi penelitian bagi ilmuan muslim, dengan nara sumber Prof. Dr. Mudjia Rahardjo, M.Si, Mantan Rektor UIN Malik Ibrahim Malang, dan Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I sebagai moderator.

dalam paparannya Prof. Mudji menjelaskan tentang Peta dunia Islam, dimana jumlah penduduk dunia sekarang ini sekitar 7,3 miliyar, dengan prosentase 1,5 juta beragama muslim, sementara Indonesia beragama islam kurang lebih sekitar 200 juta, sehingga indonesia menyumbang 13% penduduk muslim dunia.

Menurut Prof. Mudji dunia Islam masih ketertinggalan dibidang ilmu pengetahuan (sains), kalah dengan negara barat seperti Amerika, Kanada, Australia, kenapa umat islam masih tertinggal dalam bidang sains? Karena dorongan untuk meneliti masih rendah. Menurut Prof. Mudji umat islam Harus ada ghirroh, spirit, semangat untuk melakukan kajian-kajian ilmiah pada aspek ilmu pengetahuan, Kemajuan sains dan teknologi, dilandasi dengan agama dan moral paparnya.

Dalamkajian penelitian realitas banyak diketahui tetapi sedikit yang bisa diungkapkan, menurut Prof. Mudji sapaan beliau realitas yang bisa diungkap dalam kajian Ilmu pengetahuan (sains) yang bisa diungkap adalah realitas yang masuk akal atau reasonable karena ada realitas yang unreasonable yang tak bisa diungkap dan reasonable dalam kacamata ilmu pengetahuan bisa diverifikasi.

Untuk bisa maju dan berkembang mulai saat ini Umat islam harus dibangun melalui ilmu pengetahuan (sciences).

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Pascasarjana Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I mengungkapkan bahwa pentingnya metodologi penelitian bagi mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam karena mahasiswa harus memahamai alur penelitian yang benar dalam kajian metodologi, sehingga diharapkan nanti ketika menulis proposal dan tesis dapat menghasilkan penelitian-penelitian yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *