Mahasiswa 2 Program Magister UNU Sunan Giri Bojonegoro Ikut PKKMB

Pascasarjana UNU Sunan Giri Bojonegoro mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) program magister di lantai 3 Gedung D Bisri Samsuri, Kampus Aswaja (04/09/2021). Agenda tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2021.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Direktur Pascasarjana UNU Sunan Giri Bojonegoro, Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I., Program Magister UNU Sunan Giri Bojonegoro memiliki dua program jenjang strata dua, yaitu Magister Pendidikan Agama Islam dan Magister Hukum Ekonomi Syariah. “Mahasiswa yang memiliki kegalauan dalam mengerjakan tugas, tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan dan juga bimbingan dari Kaprodi. Kami siap membantu untuk mencari solusi,” pungkasnya.

Ketua Prodi MPAI, Dr. Hamam Burhanuddin, M.Pd.I. memberikan pengarahan tentang dunia perkuliahan yang akan segera dimulai. Program studi MPAI merupakan program favorit yang banyak diminati hingga saat ini. Program MPAI juga gencar melakukan kerjasama, baik tingkat nasional maupun internasional.

“Pada program magister ini, pembelajaran yang dilakukan mahasiswa dilakukan dengan pendekatan andragogi atau pendewasaan. Jadi, tidak perlu lagi untuk diperintah dalam menunaikan tugas yang sudah menjadi kewajibannya,” ungkapnya.

Selama Pandemi dua tahun terakhir, perkuliahan MPAI dilakukan secara Daring. Namun, untuk tahun ini perkuliahan akan dilaksanakan dengan metode blended learning, bahkan jika memungkinkan akan diadakan perkuliahan Luring seperti biasanya, agar dapat berjalan dengan efektif. Selain itu, mahasiswa magister juga dituntut untuk aktif dalam pemberdayaan dan berbagai riset dalam mewujudkan “Merdeka Belajar”.

Mahasiswa juga bisa berkontribusi menuangkan ide-ide briliannya melalui karya tulis dan nantinya akan di bukukan. Salah satunya melalui seminar internasional ICOLLEH yang akan diselenggarakan bulan depan dengan tajuk “Contemporary Legal and Education Interpretation: Multi Perspectives”. “Bulan Muharram sudah dilalui, saatnya kita hijrah menuju pribadi yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Berikutnya disusul pemaparan dari Ketua Prodi MHES, Dr. H. Shofa Rabbani, Lc. M.A. “Magister Hukum Ekonomi Syariah UNU Sunan Giri Boojonegoro kedepannya dapat melahirkan ahli hukum, ahli ekonomi, dan juga notaris,” ungkapnya.

Berbeda dengan pembelajaran mahasiswa S1, mahasiswa S2 lebih banyak diskusi dan bereksperimen tentang multidisipliner ilmu pengetahuan, sebab telah memiliki banyak ide dan gagasan yang kritis dan kreatif. “Mahasiswa magister harus banyak membaca dan juga berkarya. Maksimalkan budaya literasi, dan minimalkan budaya plagiasi,” pungkasnya.

Kemudian acara ditutup dengan sesi tanya jawab terkait proses perkuliahan dan foto bersama lintas angkatan.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro

(Sumber : blokbojonegoro.com/2021/09/04/mahasiswa-2-program-magister-unu-sunan-giri-bojonegoro-ikuti-pkkmb/?m=0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *